BLOG

Kolaborasi Indogen dan Jababeka, Hadirkan Pionir Sillicon Valley Pertama di Indonesia

Kolaborasi Indogen dan Jababeka, Hadirkan Pionir Sillicon Valley Pertama di Indonesia

Jababekaresidence.id, Bekasi Di tengah kemajuan teknologi yang pesat, perlahan kehidupan manusia juga berubah. Bahkan saat ini, kehidupan masyarakat sudah dikatakan memasuki tahapan Industri 4.0 di mana teknologi menjadi bagian yang tak terpisahkan dari kehidupan sehari-hari.

Untuk itu, Jababeka Residence sebagai salah satu kawasan Kota Mandiri yang mengedepankan aspek inovasi bersiap memantapkan diri menjadi Sillicon Valley pertama di Indonesia. Jababeka Residence adalah kota mandiri yang terletak 40 menit dari pusat kota Jakarta dan menjadi pusat perekonomian Indonesia.

Kota Jababeka hadir sebagai solusi destinasi hunian, bisnis dan investasi terbaik di koridor Timur Jakarta. Jababeka menghadirkan Wimbledon sebagai salah satu cluster terbaru yang dirilis dan memiliki luas lebih dari 34 Ha. Wimbledon menghadirkan hunian berkonsep Healthy Lifestyle yang lengkap dengan beragam fasilitas.

Hal ini seperti dikemukakan oleh Direktur Utama PT Jababeka Infrastruktur Tjahjadi Rahardja yang mengatakan, penerapan industri 4.0 telah dirasakan sejak lama oleh Kawasan Industri Jababeka. Secara umum, Industri 4.0 menggambarkan tren yang berkembang menuju otomasi dan pertukaran data dalam teknologi dan proses dalam industri manufaktur. Tren-tren tersebut diantaranya adalah Internet of Things (IoT), Industrial Internet of Things (IioT), Sistem fisik siber (CPS), artificial intelligence (AI), Pabrik pintar, Sistem Komputasi awan, dan sebagainya.

Oleh karena itulah, menurut Rahardja, di saat kawasan lain masih mengikuti tren untuk mengembangkan dan mengadopsi konsep Silicon Valley, Jababeka telah memulainya. Pengadopsian teknologi 4.0 yang memantapkan langkah Jababeka Residence untuk menjadi Silicon Valley Indonesia telah dimulai dengan secara resmi membuka fasilitas fabrication laboratory (fablab). Kehadiran fablab ini menjadi bukti keseriusan Jababeka dalam membangun ekosistem industri 4.0.

Kolaborasi Indogen dan Jabebeka

Langkah Jababeka Residence tersebut menjadi langkah yang maju untuk menetapkan Jababeka sebagai salah satu pusat teknologi terbesar di Indonesia atau disebut sebagai Sillicon Valley. Mulanya, Silicon Valley merupakan pusat inovasi di Amerika Serikat (AS) yang berhasil mencetak banyak perusahaan teknologi raksasa dan kini namanya kerap dicatut berbagai negara dunia untuk menciptakan kawasan serupa, termasuk Sillicon Valley di Jababeka Residnce.

Konsep industri 4.0 yang disediakan Jababeka tidak hanya sebatas teknologi, tetapi juga mindset dan skill set yang dibutuhkan, yang sejalan dengan jargon Fablab Jababeka, yakni Create-Innovate-Collaborate. Selain itu, Jababeka juga berkolaborasi dengan Indogen Capital, perusahaan venture capital (VC) terkemuka Indonesia yang bergerak di bidang manajemen aset dan investasi pada perusahaan rintisan (startup) tahap awal (post-seed stage up to series A) di kawasan Indonesia dan Asia Tenggara.

Indogen Capital punya nilai strategis dengan jaringan lebih dari 150 kota di Indonesia dan menjadi spesialis VC Partner di wilayah Asia Tenggara. Dengan hadirnya Fablab dan partnership dengan Indogen, langkah Jababeka kian ringan dalam menerapkan industri 4.0 secara menyeluruh, dan siap menjadi pionir Silicon Valley di Indonesia.

Dampak pada Investasi di Kawasan Jababeka Residence

Dengan hadirnya pengembangan menuju Sillicon Valley, maka hal tersebut tentu akan berdampak sangat signifikan pada investasi proeprti di kawasan Jababeka. Perkembangan infrastruktur yang pesat terutama di bidang teknologi akan memberikan dorongan perkembangan nilai investasi yang signifikan.

Apalagi dengan hadirnya Fablab dan partnership dengan Indogen, langkah Jababeka kian ringan dalam menerapkan industri 4.0 secara menyeluruh. Jababeka pun siap menjadi pionir Silicon Valley di Indonesia dengan meluncurkan Jababeka Silicon Valley.

Pembangunan infrastruktur dan sarana penunjang yang pesat ini nantinya akan menjadi salah satu keunggulan investasi di kawasan Jababeka Residence. Kenaikan nilai investasi tersebut menjadi peluang investasi yang menguntungkan. Oleh karena itu, Jababeka Residence menjadi salah satu kawasan paling prospektif untuk investasi properti di koridor timur Jakarta. (ADR)

imgWAchatYuk wa